Sunday, May 17, 2009

Vierra, another Plagiator?

Baru-baru ini saya menonton sebuah acara musik di TV yang menampilkan Vierra sebagai bintang tamu. Mereka adalah sebuah band pendatang baru yang melejit lewat lagu “Dengarkan Curhatku” (klo ga salah).
Ketika mereka membawakan lagu andalannya, everything’s fine. Tapi kok pas bagian reffnya, terdengar kayak Rooftops nya Lostprohets y? Cuma beda pas bagian akhir reff aj. Tapi dari segi not dan jumlah ketukan, persis sama. Temponya bahkan sama pula!! (ya……mungkin cuma beda 10 atau 15). Kalo pake kata-kata doang, susah jelasinnya. Mendingan kamu download aja kedua lagu tersebut dan membandingkan keduanya.
Setelah itu saya berpikir, apakah Vierra adalah plagiator? Karena mereka mengingatkan saya pada D’Masiv yang juga dihujat abis-abisan belakangan ini karena dianggap plagiator (katanya sih hampir semua lagu D’Masiv ngikutin band lain).
Ok. Jadi, sebuah band pasti terinfluence band lain. Tapi……..dlm proses penciptaan lagu, harus dipikir matang2 dan dirasakan apakah lagunya mirip band lain atau tidak. Boleh mirip asal jangan mirip2 banget. Be creative.
So the conclusion is……..boleh menciptakan lagu dan terinfluence band lain, tapi jangan memplagiat lagu band influence...pay them respect.

Nb: Ternyata memplagiat lagu orang bisa menyebabkan kita dituntut, nah lo…

No comments: