Monday, March 2, 2009

Percepat Double Pedal Lo!!

1. Cari posisi duduk yang nyaman
Mungkin terdengar sepele, tetapi posisi duduk yang tidak baik akan menyebabkan selangkangan anda nyeri, cepat pegal, dan betis menjadi bekerja lebih cepat. Usahakan agar posisi kursi tidak terlalu jauh dari snare. Kalau bisa mepetkan saja sampai terkena paha (tapi kasih jarak 2-3 cm). Tinggi kursi di anjurkan sejajar dengan snare. Bila terlalu rendah atau tinggi, akan mebuat posisi kaki tidak nyaman saat memainkan DP.

2. Mulai dari yang terpelan
Setiap drummer profesional seperti Mike Portnoy, Travis Baker, dll, pasti tidak simsalabim bisa memainkan drum dengan speed yang exceed dari rata-rata. Semua pasti memainkan dari yang terpelan..dan terus meningkatkan temponya sedikit demi sedikit (hal ini juga berlaku pada gitar). Cobalah untuk memainkan DP dengan tempo 80 dan ketukan4/4. Lakukanlah setiap hari hingga betis dan selangkangan mulai terbiasa. Lalu tingkatkan lagi temponya menjadi 90. Untuk seterusnya, anda bisa meningkatkan temponya dalam skala 5 (95, 100, 105, 110, dst) atau 10 jika sanggup. Untuk menjaga keseimbangan tempo, gunakanlah metronome. Untuk variasi anda dapat melakukannya dengan ketukan yang berbeda (8/4, 16/4, 32/4, dst).

3. Sabar, Tekun, dan Konsisten
Poin inilah yang paling sering diabaikan oleh kebanyakan drummer. Apabila tidak tekun, maka anda tidak akan bisa (catat:tidak akan bisa) menjadi drummer profesional.Maka, tekunlah dalam berlatih, jangan cepat bosan. Rasa bosan inilah yang menyebabkan para drummer pemula tidak melanjutkan drum lesson mereka.

4. Jaga Mood dan Stamina
Seorang drummer yang baik akan selalu menjaga staminanya baik sebelum latihan maupun konser. Jika drummer tidak memiliki stamina yang kuat, dijamin permainan DP nya akan menjadi kacau dan tak teratur. Mood juga berperan penting. Mood yang tidak terjaga akan mebuat anda (sang drummer) merasa jenuh dan bosan. Untuk menjaga mood, bisa dilakukan dengan menyalurkan hobi atau kegiatan yang disenangi. Stamina secara mudah dapat ditingkatkan secara bertahap melalui olahraga dan latihan drum yang teratur.

At least, cintailah profesi kalian sebagai drummer. xD

No comments: